Bolehkah Menikah di Tahun Duda ? Katanya Bikin Hubungan Nggak Langgeng

Diseduh.com – Semua pasangan pasti menginginkan hubungan yang sampai ke jenjang Pernikahan, betul nggak ? karena dengan menikah, maka sempurnalah kisah cinta kita. Bicara soal menikah pasti kita sudah jauh-jauh hari merencanakan tanggal, bulan dan tahun berapa melangsungkan prosesi yang penuh cinta tersebut.

Banyak yang percaya, hitungan hari bisa menentukan nasib suatu hubungan apakah akan langgeng atau putus di tengah jalan ? Nah kebetulan tahun 2020 mendatang katanya sih udah masuk tahun duda, akhirnya tidak sedikit pasangan yang takut untuk melangsungkan pernikahan pada tahun tersebut. Katanya sih bikin hubungan nggak bakal langgeng, mitos atau fakta sih ?

Apa sih Tahun Duda Itu ?

Tahun duda merupakan tahun yang jatuhnya pada 1 Suro dalam 1 windu menurut hitungan kalender Jawa. Dihitung mulai tahun dari Alif sampai dengan Jim-2. Menurut hitungan kalender Jawa, dalam sewindu terdapat dua kali tahun duda yang jatuh pada tahun Za dan Wawu. Berdasarkan hitungan tersebut, tahun 2020 nanti jatuh pada tahun Wawu.

Lalu, Bolehkah Menikah di Tahun Duda ?

Sebenarnya pada asal mulanya kepercayaan tahun itu hanyalah sebuah anggapan-anggapan yang secara kebetulan ternyata sesuai dengan kenyataan yang tidak hanya terjadi sekali dua kali saja bahkan sampai berkali-kali. Hingga kejadian-kejadian seperti akhirnya dijadikan sebagai patokan masyarakat Jawa-titen.

Kepercayaan tersebut bisa menjadi kenyataan mungkin juga karena Allah telah mengabulkan apa yang menjadi keinginan manusia. Allah telah berfirman dalam sebuah hadits Qudsi:

(أنا عند ظن عبدي بي (رواه البخاري

“Saya adalah menurut apa yang disangkakan hamba-Ku kepada-Ku.” (HR. Bukhari)

Ketika kita beranggapan bahwa sesuatu ini akan terjadi maka sesuatu itu pun pasti akan terjadi. Maka dari itu, kita harus selalu husnudzan atau berprasangka baik kepada Allah bukan sebaliknya suudzon karena bisa jadi prasangka kita akan dikabulkan oleh Allah.

Jadi, kesimpulannya boleh saja kok melangsungkan perkawinan pada tahun duda, karena hal itu tidak akan membawa dampak dan akibat apa-apa.

Tetapi balik lagi jika kamu masih ragu karena dinasehati orang tua kamu mengenai pamali tahun duda, patuhi saja nasehat tersebut karena kita harus meminta restu kedua orang tua juga. Betul nggak ?

Topic:

Artikel Untukmu